Hari Kartini 2010


Selamat hari Kartini untuk seluruh perempuan yang ada di Indonesia🙂, Semoga semangat dan perjuangan Ibu Kartini menjadi inspirasi buat wanita-wanita Indonesia dalam mewujudkan emansipasi wanita yang sesungguhnya.

Hari ini tanggal 21 April 2010 kita memperingati hari lahir Kartini, merupakan tokoh emansipasi wanita di Indonesia. Kartini memiliki perhatian bukan hanya pada emansipasi wanita saja tetapi juga pada masalah sosial umum, Kartini melihat perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum. Penasaran dengan apa dan bagaimana sepak terjang beliau dalam memperjuangkan hak-hak wanita dimasanya aku pun mencari-cari literatur mengenai Kartini ya kemana lagi kalo bukan bertanya ke om Gugle,…  ini salah satunya

Oh iya peringatan hari Kartini berdekatan dengan Hari Bumi (22 April) kan???ada hubungannya gak sih??hehehehe..ada dong, emansipasi wanita kan gak hanya gimana peran kita bisa mendapatkan kebebasan dengan hak-hak dalam kehidupan sosial kita sebagai wanita Indonesia, kita pun mempunyai peranan penting dalam memelihara bumi kita. Gimana kita mempunyai kepekaan serta memberikan perhatian terhadap kondisi lingkungan saat ini, apa aja yang bisa dan sudah kita lakukan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.  Rini Apriani, seorang peneliti Independen Isu Kehutanan Masyarakat Rimbawan Muda Indonesia menulis tentang Kartini dan perubahan Iklim. Dalam tulisannya antara lain :

Wujud semangat perjuangan Kartini oleh perempuan tak hanya berhenti pada tercapainya kesempatan mengenyam pendidikan tinggi, mendapatkan pekerjaan sesuai minatnya, mendapatkan kebebasan dalam menyuarakan pendapatnya, tetapi bertindak dengan mempedulikan orang lain dan lingkungan sekitar.

Maarif (2009) pernah menulis, “Gadis Modern harus punya kemandirian berfikir dan bertindak. Gadis Modern adalah perempuan muda yang secara mandiri dapat melangkah maju, bukan untuk kepentingan diri sendiri, tapi untuk kepentingan bersama, yang menunjukkan kehangatan (emosional) yang secara gembira dan optimis mau bekerja untuk kepentingan masyarakat pada umumnya.”

Semangat kemandirian perempuan modern dalam bertindak untuk kepentingan bersama dapat diwujukdan dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang dampaknya semakin nyata dirasakan semua makhluk hidup di Bumi, khususnya perempuan.

Perubahan iklim sebenarnya adalah manifestasi dari pembangunan patriarki, sebagaimana dijelaskan Vandana Shiva (1988) dalam Valentina (2003) bahwa, “Pembangunan tidak lain dan tidak bukan adalah bentuk dari ideologi (negara-negara maju) patriarkis yang memenderitakan kaum perempuan dan merusak lingkungan negara-negara Dunia Ketiga.”

Oleh karena itu, adalah penting melihat keterkaitan yang kuat antara perempuan dan lingkungan, serta membangun kehidupan dengan nilai-nilai ekologis, feminis, dan sosialis.

So,.. apa aja yang udah kamu lakukan untuk diri, kehidupan, juga lingkungan sekitar kamu???gak mau kan dibilang wanita itu identik ama 3 ur (kasur, dapur, sumur)🙂

Selamat Hari Kartini 2010

~ by wiwin9 on April 21, 2010.

9 Responses to “Hari Kartini 2010”

  1. semoga jangan hanya sebagai seremonial belaka ya wing??😉 harus da bukti nyata

  2. @sunflo: iya mbak, butuh pembuktian untuk itu hehehee

  3. Salut buat Kartini, namanya terus harum hingga saat ini menjadi pelopor kebebasan berkarya bagi wanita… nice post😀

    Selamat Hari Kartini ya??

    Makasih Mas Irfan🙂

  4. Habis gelap terbitlah terang….

    salut buat Ibu kartini….

    selamat hari kartini buat kita semuanya…

    thanks b4

    makasih rudini, makasih juga kunjungannya

  5. Assalaamu’alaikum Wiwing

    Alhamdulillah… semalam umi ke mari wing, tapi nggak dapat kerana hanging dan koneksi selalu putus hanya mahu menyatakan Hari Kartini buat Wiwing dan menghadiahkan AWARD KARTINI nya.

    Terima kasih sudah ke laman Umi. apa sudah dititipkan AWARD KARTINI itu. Jika belum silakan kembali ke laman umi ya di sini :

    http://websitifatimah.wordpress.com/2010/04/21/21-april-2010-200000-ucapan-selamat-hari-kartini-untukmu/

    Salam manis dan bahagia selalu dari umi di Sarawak, Malaysia.

    wah terimkasih awardnya umi, udah aku copy paste nih bentar lagi mo di pamerin hehehehe

  6. enak ya perempuan ada hari kartini..??
    biarinlah ntar mah mau ngadain hari kartono aja…!!
    hahahah….

    hahahaha kartono dari hongkong…

  7. Selamat! ^__^

    thanks

  8. tetangga saja ada kartini,, masa kartono ga ada..??
    hehehehe…

    ayooo bikin hari kartono🙂

  9. celebrate Kartini Day with you it seems fun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: