Sejarah April Mop


Haiii udah April nih,.. heii tanggal 1 april kan sering di kenal dengan april Mop,..apa sih april mop itu?ato udah pernah jadi korban april mop?ini ada sedikit pengetahuan tentang asal muasal april mop itu, aku kutip dari tabloid nova🙂

Ya! April Fools Day adalah hari dimana seseorang boleh menipu orang lain dengan melontarkan lelucon konyol (ridicule), cerita bohong (prank), atau beberapa tipu daya (trickery) sebagai bahan gurauan. Tradisi April Mop ini sendiri telah dikenal di Perancis, Inggris, Meksiko, Skotlandia, Swedia, India, Peru, Kolombia, dan sebagian besar orang di belahan dunia ini mengetahui bahkan mungkin turut merayakannya. Tapi pernahkan anda berpikir, bagaimana asal muasal dirayakannya April Mop? Kenapa tanggal 1 April mesti dirayakan sebagai fools day?

Ada beberapa versi cerita mengenai sejarah April Mop, namun tidak ada kepastian mengenai sejarah April Mop yang sebenarnya. Karena itu tidak ada yang bisa menjawab asal tradisi April Mop ini, apakah dari Perancis, Inggris, Meksiko, atau mungkin negara lain? Who knows ?
Berikut beberapa versi sejarah April Mop:
– April Mop mulai dikenal dan dirayakan di berbagai belahan dunia pada waktu yang sama, sebagai bentuk perayaan musim semi. Senda gurau (pranks) adalah suatu hiburan menyegarkan dalam perayaan tersebut.

– Tradisi April Mop bermula tahun 1500-an di Perancis. Sebelum tahun itu, festival tahun baru berlangsung selama 8 hari mulai tanggal 25 maret (saling menukar kado) sampai dengan puncaknya pada tanggal 1 April (berupa pesta perayaan). Namun, di bawah kekuasaan Charles IX perayaan tahun baru tersebut berganti menjadi tanggal 1 Januari seiring dengan diberlakukannya kalender Masehi. Disebabkan kurangnya sarana transportasi & komunikasi, juga pengabaian perpindahan tahun baru oleh beberapa kelompok, maka tetap ada orang-orang yang merayakan tahun baru pada tanggal 1 April. Orang-orang yang tetap merayakan tahun baru tanggal 1 April ini dianggap sebagai kelompok terbelakang yang menyedihkan, sehingga mereka kerap dijadikan lelucon oleh masyarakat umum. Lelucon ini terus berlangsung hingga menjadi suatu tradisi senda gurau 1 April. Tradisi ini menyebar ke Inggris dan Skotlandia pada abad ke-18, kemudian dibawa oleh orang-orang Inggris dan Perancis ke daerah-daerah jajahan mereka di Amerika hingga akhirnya menyebar ke berbagai belahan dunia.

– Masih ada versi-versi lain, seperti di Meksiko. Walaupun foolish tradition disini memiliki tanggal dan sejarahnya sendiri, dimana hal itu bermula dari bentuk dukacita kaum Kristen atas pembantaian terhadap anak kecil yang dilakukan oleh Raja Herodes (diperingati tiap tanggal 28 desember, dengan nama El dia de los inocentes). Namun seiring berlalunya waktu, peringatan hari ketidakberuntungan (unluckiest day) yang sedih itu berubah menjadi senda gurau dan tipu daya seperti layaknya April Mop.

Bila anda akan merayakan April Mop pada tanggal 1 April mendatang, tahan dulu langkah anda! Berpikirlah sejenak, mengapa anda mau melakukan sesuatu yang tidak jelas asal usul dan manfaatnya bagi anda? Bila tindakan saling membodohi ini hanyalah gurauan, apakah yang menjadi batasan gurauan tersebut? Adakah hukum yang mengatur tentangnya (apakah ada jaminan bahwa korban April Mop tidak akan mengalami sesuatu yang merugikan)? Tentunya norma, nilai, dan agama adalah pembatas juga acuan setiap tindakan/perbuatan. Lantas apakah norma, nilai dalam masyarakat dan agama mengajarkan kepada masyarakat untuk berbohong, menipu, dan saling membodohi?

Bila anda memiliki anggapan yang sama dengan poor rabins almanac mengenai tujuan April Mop dalam puisinya, yakni untuk bersenang-senang (on purpose of pure merriment), lantas apakah definisi kesenangan itu? Apakah mengolok-olok (ridicule) orang lain termasuk kesenangan? Apakah tertawa (prank) diatas penderitaan orang lain dianggap kesenangan? Apakah membodohi orang lain (trickery) juga kesenangan? Apapun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas, saya harap anda menjawabnya dengan pertimbangan akal dan perasaan. Karena kedua hal itulah yang telah melebihkan kita dari yang lain sekaligus identitas kita sebagai manusia.

~ by wiwin9 on April 1, 2010.

7 Responses to “Sejarah April Mop”

  1. ENtahlah mbak, saya kurang suka budaya2 barat yang kita masuk2in ke budaya kita. Lebih baik melestarikan budaya bangsa kita sendiri supaya gk di klaim negara lain. Kadang2 mengerjain orang yang berlebihan malah bikin sebel bukannya buat lucu.. Mendingan bikin acara bagi2 kue aja ya hehe
    Nice post

    stujaa…eh stuju..🙂 yah meskipun hanya buat lucu-lucuan kadang bikin sebel juga
    thx bang

  2. saya ga kenal dg april mop😀
    ga ingin ikut2an

    bagooosss…🙂

  3. wah, baru tahu saya ini🙂

    makasih sudah berkunjung *nyuguhin kopi panas*

  4. kalo menurut saya sih kalo boong, mw pas april mop ato g tetep j dosa… =p

    salam kenal =)

    hehehehe iya yah apalagi kalo yang di kerjain gak trima…
    salm kenal juga makasih udah berkunjung

  5. April mop kedengarannya aneh tapi bagi yang sudah kenal istilah itu pasti akrab apa itu April Mop. Salam sehat berkunjung ke blog sahabat ini.

    terimakasih kunjungannya sahabat…*meluncur ke blog shabat vtrediting*

  6. Hmmmm.. bohong ya dosa. Ga ada seharipun selama kita hidup bohong ga dosa.🙂

    yo i sobpp….

  7. tolong ditambahin dari versi2 lain, seperti dari islam ata pakar yang lain,,
    tapi nice info, thx😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: