Masih di Aceh….


Hari ke-4 berada di kota Banda Aceh,setelah sebelumnya menikmati indahnya kota Sabang hari ke-4 kami sibuk masing-masing mengambil bagian dalam persiapan pernikahan yang akan di gelar Jumat,12 Maret 2010. Gak banyak yang bisa dikerjakan sih karna semuanya udah ada panitia2nya,hehehe. Mulai dari Catering, dekorasi, tenda, pengaturan kursi hari kamis udah mulai di siapin. Aku bantuin Jo yang ngurusin cateringnya, bantuin sekalian  jalan-jalan di kota Banda Aceh juga. Pagi hari pukul 05.30 kita ke Pasar Aceh, wuihhh badan dan mata terasa sehat melihat-lihat kota Aceh di subuh hari, belum lagi sampai di pasar Aceh langsung di suguhkan dengan berbagai macam jenis sayur-sayur yang segar-segar.kyaaa gairah memasak dan belanja pun menggelora padahal awalnya cuman temenin Jo,Icut,sama kak Mawar belanja.  Mulailah Icut sama kak Mawar mencari-cari yang diperlukan,aku sama Jo ngikutin aja di belakang mereka.wah ternyata si Icut jago nawar euy…Dan yang membuatku terkagum-kagum ternyata harganya pun murah,lebih murah dibandingkan di daerah asalku Kotamobagu. Wortel  dapat Rp. 4000/kg, udah gitu masih bisa ditawar lagi sampe Rp.3000/kg,.dipasar Serasi Kotamobagu Wortel bisa Rp.10.000/kg, dengan harga Rp.3000 Cuma dapat 3 buah wortel yang kecil-kecil. Semua sayur-sayur di pasar Aceh di jual /kg beda dengan dipasar Kotamobagu yang dijualnya perikat or perbuah.

Selesai belanja-belanjanya kami balik kerumah,siangnya berlima lagi kami ke pasar lagi nyari buah pisang masak kali ini kepasar Lambaru. Dan lagi-lagi kak Mawar sama Icut yang sibuk milih-milih beberapa tandan pisang,sama nyari semangka juga, orang dua ni emang jagonya milih + nawar. Aku, Jo, Siti (ponakannya Jo), dan Boo nunggu di salah satu kios tempat kami membeli pisang sambil disuguhin pisang sama sawo oleh yang punya kios. Yah itung-itung itu bonus karna udah beli banyak,hehehehe. Selesai belanja buahnya kami pun menuju ke rumah neneknya Jo mongambil pisang mentah untuk gulai,.??loh kok pisah mentah buat gulai,setauku gulai itu kan bahan utamanya daging kambing or sapi ya..hmmm gulainya ternyata beda sama gulai di Manado.ini salah satu makanan khas Aceh, gulainya lebih banyak pisangnya daripada dagingnya, tepatnya gulai pisang deh namanya. Saat menelesuri jalan menuju rumah nenek Jo aku terpana dengan pemandangan di depan mata, jejeran pohon-pohon pinus di pinggir jalan…sejuk banget….setiap pagi dan sore hari banyak warga Aceh berkunjung kesini entah itu hanya duduk-duduk santai ataupun berolahraga. Dari rumah nenek Jo kami lanjut menuju pabrik tahu, tinggal ngambil aja karena udah dipesan duluan. Hedehh… full bagasi dengan belanjaan euy,. Kak Mawar ama Icut ngecek barang2 belanjaan tadi apa masih ada yg kurang or lupa beli n ngambilnya, heiii aAda satu buah yang menarik perhatianku di antara buah-buahan yang udah di beli tadi, namanya buah Punto bentuknya bulat,gak begitu besar, daging buah ini mirip buah alvocat, enak dibikin juice, buah ini juga salah satu buah yang dicampurkan di rujak Aceh. Keknya buah ini hanya ada di aceh deh,hehehe belum pernah liat di Sulawesi.

sore harinya setelah semua yang diperlukan udah siap  tinggal lanjutin masak oleh ibu-ibu keluarganya Jo juga, aku di ajak Jo jemput neneknya di desa Labui. Senang banget bisa berada di antara keluarganya Jo, ramah dan memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi tercermin dari keluarga ini. Aku, Jo, dan kak Das pun berangkat menuju Labui. oh ya Labui itu salah satu daerah yang paling parah terkena Tsunami 5 tahun lalu. kata Jo kalo sore hari menjelang matahari terbenam kita bisa menikmati sunset di sini,penasaran dong pastinya. ± 30 menit perjalanan menggunakan mobil kami sampai di rumah nenek, yah rumah-rumah di desa Labui ini adalah rumah bantuan Tsunami hanya ada beberapa puing-puing rumah penduduk  yang tersisa pasca tsunami.  benar temans…sunsetnya keren banget,… dari rumah nenek aku bisa langsung menikmati indahnya sunset sore itu.

rumah nenek Jo di Labui

sunset from nenek's home

sunset from Labui, Aceh

Perjalanan menyusuri kota Banda Aceh hari ini pun harus berakhir, masih harus mempersiapkan acara esok harinya..wah apa kabar dengan acara masak-memasak di rumah Jo ya??

Hmmm…dah gak sabar nungguin besok hari buat nyicipin makanan khas Aceh,… nyamm nyamm nyamm

Ada yang tau makanan-makanan khas daerah Aceh???pisang pengat macam mana ya????

~ by wiwin9 on March 31, 2010.

7 Responses to “Masih di Aceh….”

  1. Waah blog anda informatif banget terutama tentang wisata dan kulinernya… Saya belum pernah ke Aceh, tetapi punya sahabat blogger dari Aceh seperti anda sudah menjadi kebanggan saya.

    Link anda juga sudah tertaut di blog saya, semoga bisa saling mengunjungi dan saling berbagi.

    Salam Kenal, dan salam Blogger
    Fansmaniac

    makasih kunjungan baliknya mas Irfan, semoga bermanfaat untuk semua. hehehe aku hanya jalan2 ke Aceh mas, bukan orang Aceh, aku orang sulawesi utara…

  2. mba wiwin9 udah menetap di sana ya?
    salam dari makassar

    gak bang, kebetulan kemarin ada acara nikahan disana yah sambil liburan deh.🙂

  3. Window baborong pisang…? ck ck ck..😆

  4. Window baborong pisang 1 oto…? ck ck ck..😆

    hahahaha…nga ndak tarukira nek da mantara ba apa dia itu???? ;))

  5. labui…. bukan tuh… cm tetangga kampung labui… yang di poto tu desa lam ujong salah satu desa di kec. Baitussalam …

    oh salah ya,maaf kalo gitu..soalnya aku nanya sama temenku yang ngajakin kesana itu namanya labui….maafkeun,makasih ralatnya.btw orang aceh ya??? 🙂

  6. ia.. aq kerja di sebuah NGO waktu tuhh. dan sering ke kwsan.. labui, lam ujong,..dan sekitarnya. iya aq warga kota banda aceh.. salah 1 korban tsunami.ohya, kmu brasal ddari kota mana neh?

    oh gitu, sekarang masih di NGO?NGO apa?wahh bersyukur bisa dikunjungi warga Aceh,salah satu korban tsunami pulak🙂 makasih kunjungannya ya,.salam kenal yah, pengen berkunjung balik ke “rumahmu (baca:blog)” tapi gak ada linknya nih,.
    aku dari manado sulawesi utara

  7. Dulu cm kontrak di WFP slama 2 tahun.. Skrg gak lg,. Manado?Jauh ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: