Eksotis pulau weh


Keesokan harinya tanggal 10 Maret 2010 kami memulai perjalanan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Sabang. Pulau Weh merupakan salah satu daerah wisata yang cukup terkenal di Indonesia. Taman Laut Pulau Rubiah yang terkenal dengan terumbu karangnya yang indah dan Hydrotermal. Selain wisata bawah laut yang menjadi potensi pariwisata yang cukup menjual, Pulau Weh juga memiliki tempat-tempat wisata darat yang menarik. Menara Kilometer Nol, Air Terjun Pria Laot dan Danau Aneuk Laut merupakan objek wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Di tengah-tengah Pulau Weh terbentang danau air tawar, Danau Anoek Laut yang tampak indah bila dilihat dari puncak Sabang. Sabang juga memiliki hutan lindung seluas 3.400 ha dan hutan wisata seluas 1.300 ha.  Pulau Weh memiliki keunikan tersendiri, baik tentang bentang alam di daratan pesisir maupun bentang terumbu yang ada di laut.  Potensi wisata Sabang yang memiliki pemandangan bawah air dan daratan yang menarik menjadikannya salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia.

Pulau Rubiah

Under water photo


Terdapat kurang lebih 20 lokasi untuk melakukan penyelaman yang sebagian besar terdapat di Iboih  dan lainnya terdapat di Anoi Itam (pasir hitam), sumur tiga dibagian timur Sabang.

Pantai Gapang

Pantai Gapang berjarak ± 20 km dari Kota Sabang dengan perjalanan ± 30 menit , dan kebetulan hanya beberapa meter saja dari kantor/Mess FFI. Pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai Iboih yang memang berdekatan. Salah satu pantai yang memiliki panorama yang indah, bagi penyuka snorkeling pantai gapang merupakan salah satu pilihan untuk bersnorkeling ria selain Iboih,Rubiah dan Anoi Itam. Kawasan milik pemerintah ini dilengkapi dengan fasilitas penginapan dan restoran. Meskipun hanya bisa berada sekitar 10 menit di pantai Gapang tapi kami sangat menikmati panorama yang tersaji di pantai ini, sempetin main di ayunan juga hihihihihi.

Pantai Gapang

Air Terjun Pria Laot

Selain wisata bahari, Wisata alam Sabang juga tidak kalah menariknya diantarnya yang terdapat di Sabang. seperti di Pria laot arah menuju Iboih terdapat air terjun yang tidak jauh dari jalan raya dan juga terdapat gunung berapi di kelurahan Jaboi Kec sukajaya dengan jarak kurang lebih 15 km dari pusat kota Sabang.

Air Terjun Pria Laot

Benteng pertahanan Jepang Anoi Itam

Para wisatawan yang berkunjung ke Sabang juga bisa menikmati bangunan bersejarah bekas peningalan jepang pada masa itu. banker berdiri kokoh yang terdapat di Anoi Itam tepatnya dibagian timur Sabang, menandakan pulau ini menjadi pusat pertahanan jepang dan untuk memantau perairan Sabang.Perjalanan di tempuh  ± 1 jam dari kota Sabang ,. Sayang kita gak bisa kesitu karena hujan deras siang itu. Untuk mewakili aku sertakan foto yang di ambil oleh Boo beberapa waktu yang lalu😉

Benteng pertahanan Jepang Anoi Itam

Menara Kilometer Nol

Menara Kilometer Nol di Ujung Bau merupakan batas wilayah Indonesia paling barat, yang dikelilingi hutan yang masih perawan. KM 0 yang berada di Kelurahan Iboih berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal dan asing.  Biasanya para wisatawan yang datang dan berkunjung di KM 0 sangat senang karena menandakan sudah sampai di Ujung Pulau Sabang.  Sunset merupakan sajian penutup aktifitas wisata jika berada di KM 0 dan para wisatawan seringkali mengabadikan moment pada saat terbenamnya matahari di KM 0. Sayang kami gak sempat melihat sunset dari tempat ini, tapi kami bisa menikmati udara pagi sambil sarapan pan cake ditemani kopi Aceh di kafe Udjoeng Nol. Oh ya di nol kilometer jangan kaget kalo menjumpai banyak monyet-monyet jenis ekor panjang (macaca fascicularis),mereka berkeliaran di jalan-jalan.

Nol Kilometer Sabang

Pulau Rondo

Pulau Rondo adalah pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan India dan Thailand, merupakan pulau paling utara dari wilayah RI. Pulau ini berada di sebelah barat laut dari pulau Weh. Pulau ini adalah salah satu pulau kecil di Kabupaten Sabang selain Pulau Weh, Klah, Rubiah dan Seulako. Pulau ini masuk Kelurahan Ujung Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi NAD. Pulau ini tidak dihuni tetap, tetapi secara bergantian oleh petugas mercu suar. Jaraknya dengan kota Sabang 15,6 km, dengan kelurahan Iboih 9,3 km, dan dengan kelurahan Ujung Ba’u 4,8 km. Pulau seluas 3 km2 itu dapat dicapai dengan kapal motor dari Kelurahan Ujung Ba’u selama 40 menit, dari Kelurahan Iboih 1,5 jam dan dari Kota Sabang 1,75 jam. Mencapai pulau ini sangat mudah, menggunakan beberapa jalur dan sarana transportasi laut (sumber: Harian Umum Sinar Harapan). Hmmm…Aku cuma dapat cerita n foto-foto dari Boo, gak sempat kesana sih. Pulau ini wajib dikunjungi untuk liburan berikut ke Sabang!!!???kapan lagi yaaaakk???😦

Pulau Rondo

Gimana teman-teman???Gak kepengen liburan di Pulau Weh??ayooo masukin di daftar tempat liburanmu…. (I recommended this island). Sayang banget kami hanya 1 hari berada di Sabang jadi hanya bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Sabang, sore harinya kami kembali ke Kota Banda Aceh. (sambil nungguin kapal ferry menuju sabang brangkat foto2 dulu jeh…hehehehe)

pelabuhan Balohan Sabang

~ by wiwin9 on March 30, 2010.

8 Responses to “Eksotis pulau weh”

  1. aduh nek.. narce trus yey kang…
    nanti jo kapan2 kita dengan lekong mo kasana insaya allah

    hahaaay yo punya kesempatan mengunjungi markas window..hehehehe..segera nek bulan madu kadua mantap disitu😉

  2. bukan main elok sangaadd!!!
    tapi masih kalah cantik dengan yang pake jilbab,,,hehehe

    heheeey…..bisa aja ming

  3. Luar biasa. Apa lagi bisa ajak semua orang ke Sabang. Kapan2 kembali lagi ya

    weleh ada orang aceh juga yang baca postingan ini, hehehehe. pastinya pengen balik lagi kesana.amin amin amin

  4. Subhanallah…aceh memang elok….saya br pertama kali kmrn, lihat pemandangan bawah lautnya, menakjubkan…br sampai jakarta, sdh rindu lagi ingin k ACEH….

  5. ada rencana mau liburan ke aceh bulan agustus ini. boleh nanya2 gak ya win ???

    wah asyik yah liburan ke aceh lagi…boleh sih meski aku bukan orang aceh. insya allah kalo aku bisa jawab hehehehehe

  6. insya Allah suatu saat nanti aku ke salah-satu pulau terindah di negeri ini. thaks ya, Win Informasi N’ foto-fotonya yang oke punya. salam bt kawan-kawan.

    harus kesini kawan,indah banget pulaunya hehehehehe

  7. akhirnya ktmu jg ,, pa kbr bang win,, mano kopinya,,,,hahahahhha

    pesanan kopinya sudah di sampaikan ke bang wiwin hehehe *silangin kaki sambil garuk2 kepala*

  8. bang jadi ke diengnya,,??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: